Kamis, 04 Januari 2018

Siwil Rebus
Madura memiliki beragam makanan unik yang mengesankan salah satunya siwil. Siwil ini salah satu kudapan yang kenyal. Yang mana disegani sekali dikalangan anak nongkrong terutama mahasiwa yang tempatnya dekat dengan Pelabuhan Kamal. Dari Kampus UTM Bangkalan Cuma 4km ke tempat siwilnya.

Makanan siwil ini adalah salah satu kudapan kenyal khas dan sudah mempunyai cabang lagi. Yang mana kudapan siwil terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dengan campuran terasi. Kudapan siwil ini cukup terkenal sekali yang mana siwil buatan Bu Fat dari daerah Pelabuhan Timur RW1 Kejawan, Kamal.

Dalam kudapan siwil buatan Bu Fat memiliki dua pilihan siwil yaitu siwil rebus dan goreng. Siwil rebut berbentuk memanjang menyerupai es lilin ada juga yang bulat. Siwil goreng berbentuk setengah lingkaran yang harus di goreng terlebih dahulu sebelum disantap dan juga tahu yang melengkapi kudapan siwilnya Bu Fat. Selain itu, ada narian pentol bulat isi telur dan pentol taunya.

Mungkin ada yang kurang menyukai rasa terasi yang menyengat, tidak perlu khawatir karena aroma menyengat terasi Bu Fat ini sudah tidak meragukan lagi saat disantap karena semua bumbu telah bercampur dengan racikan bawang putih dan tepung tapioka. Siwil khas Kamal ini disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil kemudian disiram dengan bumbu petis yang membuat lidah tak bisa berhenti bergoyang.

Dengan menikmati siwil yang murah dikantong Cuma seharga 500 rupiah per buah, tak membuat kantong kering dan perut pun berhasil dibuat kenyang. Warung sederhana Bu Fat terletak di pojok gang yang dekat dengan pelabuhan Kamal. Tidak terlalu sulit untuk tempatnya karena warna hijau yang cerah dengan banyak parkiran motor yang antri untuk membeli siwilnya Bu Fat. Dua warung yang yang selalu ramai pengunjung, warung dekat dengan bengkel kamal buka mulai pukul 10.00-16.00WIB dan yang warung dekat Pelabuhan dibuka mulai 16.00-22.00 WIB.
 
Halima, Universitas Trunojoyo Madura


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233