Minggu, 14 Januari 2018

KOMPAK,/images.suarajatimpost
Komunitas Pamekasan Membaca (KOMPAK) merupakan salah satu komunitas yang bergerak dalam dunia literasi di Kabupaten Pamekasan. Di dalamnya terdiri dari para pemuda-pemuda yang suka baca-tulis sebagai penggagas terbentuknya komunitas tersebut. Kompak berdiri pada 7 Juni 2017.

Pemuda-pemuda yang tergabung dan sekaligus penggerak dari kompak diantaranya Moh.Hasanuddin, Imron Maulana, Ahmad Ansori, Imam Zarkasi, Eeng, Yuli Anisyah, Siti Aizah, Nuri, Hernan Mohni, Abunali, dan Rizky Azola.

Upaya yang dilakukan ada komunitas Kompak ini adalah membumikan budaya literasi di Kabupaten Pamekasan. Yakni diantaranya melakukan "Aksi Ngetim" bersama, dimana seluruh anggota dan pengurus di dalamnya berkumpul bersama dan membuka lapak baca. Biasanya mereka ngelapak di depan Kantor Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Pamekasan setiap hari Minggu.

Selain itu juga, memiliki program gerakan membaca bersama selama satu jam (Gerbang Salam), dan beberapa agenda lainnya dalam program jangka panjang dan jangka pendek.

Kelebihan dari komunitas ini, selain punggawanya muda-muda juga link mereka se-Indonesia. Itu terbukti dengan terdaftarnya Kompak dalam grup Pustaka Bergerak Indonesia (PBI). Dimana dengan tergabungnya dalam grup tersebut, Kompak bisa mendapatkan link untuk kemudian memiliki donasi buku bacaan dari para donatur melalui PBI yang bekerjasama dengan PT.Pos Indonesia. Sehingga pengiriman Per 10 kilogram buku dapat dikirim melalui kantor Pos dengan mencantumkan nama pengirim, nama komunitas dan alamat yang diruju, disertai dengan hastag bergerak (#Bergerak).

Jadi itu salah satu kelebihan dari adanya Komunitas Pamekasan membaca. Sehingga donasi tidak sebatas dari daerah asalnya saja, melainkan dari daerah-daerah lain pun bisa.

Ingin tahu lebih lanjut dan ingin merasakan serunya? Yuk mari bergabung dengan Komunitas Pamekasan Membaca.

Moh.Hasanuddin, Pamekasan
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233