Jumat, 19 Agustus 2016




 Muhammad Faikar Mustafidz Al Habibi

Kehebatan putra-putri Indonesia memang layak untuk disejajarkan dengan bangsa lain. Kali ini kehebatan itu datang dari bidang matematika. Kali ini, kita mengangkat Muhammad Faikar Mustafidz Al Habibi yang merupakan seorang mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Di ajang ONMIPA-PT(Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi) 2016 kategori Matematika, Faikar berhasil membawa pulang medali perunggu. Tak hanya berhenti disitu, ia sudah dipastikan akan melaju di International Mathematic Competition 2016 di Blagoevgrad, Bulgaria pada 25-31 Juli mendatang.


Singkat cerita tentang perjalanannya hingga menjadi calon peserta International Mathematic Competition 2016 dimulai dari berkompetisi dengan teman-teman sejurusan di UM pada awal 2016. Setelah itu diumumkan bahwa ada tujuh orang untuk mewakili UM ke tingkat kopertis VII Jawa Timur. Di tingkat ini, 166 mahasiswa matematika saling bersaing. Diperoleh empat mahasiswa wakil Jawa Timur ke ONMIPA-PT kategori matematika. Di tahap nasional, total ada 64 mahasiswa yang berebut meraih medali. Medali-medali yang diberikan meliputi tujuh perunggu, lima perak, tiga emas, dan lima honorable mention. Untuk selanjutnya melaju ke IMC 2016, para pemenang ini harus bersaing lagi dengan para peserta Indonesia di IMC 2015. 


Berita bahagia datang kepada mahasiswa yang akan memasuki semester 7 ini. Namanya diumumkan sebagai salah satu dari sembilan mahasiswa yang berhasil menyingkirkan 22 peserta lainnya untuk terbang ke Bulgaria. Delapan mahasiswa Indonesia yang juga akan bersaing di IMC 2016 berasal dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada.


IMC bukanlah ajang ecek-ecek, sehingga support dari berbagai pihak diperlukan untuk keberhasilan di ajang ini. Para dosen dan pihak Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi secara intensif memberikan pembinaan terhadap para wakil terbaik bangsa ini dalam bidang matematika.


Meskipun masih dalam tahap persiapan menuju IMC 2016, Mahasiswa yang lahir pada 2 Februari 1995 memiliki harapan untuk dapat mengibarkan Merah Putih di IMC 2016 atas torehan prestasi terbaiknya ini.


Penulis
Almira Sifak Fauziah Narariya
Peminat astronomi yang tak hanya berkutat dengan astronomi.
 
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233