Kamis, 07 Juli 2016


Pada Ramadhan lalu, Menusa, yakni komunitas akademisi yang menggerakkan mengintipnusantara.com ini, mengadakan online sharing yang dijuluki MOS (Menusa Online Sharing) yang bertujuan untuk mengajak dan merekrut Anak Indonesia berkarya dan berkreasi. Acara ini dilaksanakan pada 15 Ramadhan-19 Ramadhan melalui grup online whatsapp. Adapun serangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

Pada hari pertama, para peserta mendapatkan materi tentang apa itu mengintipnusantara.com, kegiatan mengintipnusantara.com dan cara mengirimkan naskah ke mengintipnusantara.com. Materi ini disampaikan oleh Dewi Sri Tunjungsari, selaku dari Founder Mengintipnusantara.com. Diskusi berlangsung sangat aktraktif. Pasalnya, banyak yang ingin mencari tahu apa itu mengintipnusantara.com. Dari penjelasan Founder mengintipnusantara.com, website dan komunitas ini pada saat ini masih menggunakan dana pribadi. Adapun website ini nantinya akan menjadi seperti NGO yang dinaungi oleh para investor, yang diharapkan dapat berkontribusi untuk menanamkan nilai budaya Indonesia yang mulai memudar di tengah masyarakat.
Pada hari ke-2, para peserta mendapatkan ilmu bagaimana meraih pengunjung, mendesain blog dan sebagainya. Materi ini disampaikan oleh Reffi Dhinar, S. S yang menjadi Manager Blogging di Mengintip Nusantara. Pada saat diskusi berlangsung, Reffi menuturkan bahwa pengunjung blog itu sendiri di tentukan oleh konsistensi suatu blog dalam menulis. Diskusi berlangsung penuh gairah dan semangat. Para peserta tidak sabar ingin menulis.

Pada hari ke-3, para peserta mendapatkan ilmu seputar Jurnalistik. Materi ini disampaikan oleh Marini, S.Kom.I yang juga menjadi Manager Jurnalistik di Mengintip Nusantara. Pada saat diskusi, Marini menuturkan bahwa belajar Jurnalistik itu sangat mengasyikan. Apalagi kini, jurnalistik telah merambat ke media online seperti Mengintip Nusantara.

Pada hari ke-4, para peserta belajar bagaimana membuat karya ilmiah dan memenangkan karya ilmiah. Materi ini disampaikan oleh Meiza Hayyu, S.Si yang juga mahasiswi berprestasi dalam karya ilmiah serta Penanggung Jawab Umum Projek Mengintip Nusantara. Materi hanya berlangsung menampung pertanyaan karena Meiza berhalangan hadir karena sedang melakukan tes.

Pada hari ke-5, para peserta belajar bagaimana membuat konten menarik secara keseluruhan dan bisa berkarya Nasional dan Internasional. Materi ini disampaikan oleh dr. Dito Anurogo, dokter berprestasi yang juga menjadi Manager Creative Writing Mengintip Nusantara. Dalam pembahasannya, dr. Dito Anurogo menggunakan 16 ebook dari berbagai sumber yang sangat bagus dan inspiratif. Intinya, dr. Dito Anurogo mengajarkan kita agar kita sendiri tak pernah berhenti menulis dan membuat perubahan kepada dunia.

Itulah serangkaian acara Menusa Online Sharing. Pelatihan tak berhenti sampai disitu, karena banyak sekali serangkaian acara menarik yang mereka akan ikuti di Grup Menusa, bagi mereka yang aktif sebagai volunteer tetap di Mengintip Nusantara. Mereka kini sedang menghadapi tantangan menulis 10 artikel dari mengintipnusantara.com sebagai bukti komitmen mereka. Mereka yang aktif pun memperoleh oleh-oleh 3 kupon diskon dari graduatedshop, sebuah toko souvenir wisuda senilai Rp 50.000,00. Sungguh menarik kegiatan ini. Semangat untuk anak muda semua!

Apa aja kegiatan ke depannya di Menusa?
1. Penguatan Pancasila
2. Penguatan Sejarah
3. Penguatan Budaya
4. Audio Streaming
Dll.

Bergabung? Whatsapp ke 08992458233!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233