Jumat, 10 Juni 2016

Jepang adalah salah satu negara yang paling gencar melakukan promosi kebudayaannya. Ia melakukan promosi di berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia.

Yoshimoto adalah sebuah perusahaan yang menangani segala hal yang berhubungan dengan dunia hiburan.  Lebih dari 6000 orang bertalenta yang bekerja di Yoshimoto muncul di berbagai media. Salah satu perusahaan Yoshimoto adalah Yoshimoto Indonesia, yaitu sebuah perusahaan yang tujuannya adalah untukmenyebarkan konten Jepang dengan mengkombinasikannya dengan kebudayaan Indonesia. Banyak sebuah projek yang dilakukan Yoshimoto Indonesia untuk menyebarkan kebudayaan Jepang dengan mengkombinasikannya dengan Indonesia, beberapa di antaranya adalah Jahning, yakni sebuah perusahaan yang tujuannya adalah untuk membuat pola tradisional yang unik yang terinspirasi dari batik Indonesia; kemudian girl band ABC, yang personilnya dari anak-anak Indonesia untuk menyanyikan lagu dari musisi jepang di Indonesia yang mereka nyanyikan kembali dengan bahasa Indonesia; ada juga Amour Mico orang Indonesia yang dibesarkan di Tokyo untuk memperkenalkan budaya jepang dengan fokus fashion; dan komedian yang akan melebarkan sayapnya ke Asia.
Shojo Complex di Press Conference AEON Mall BSD

Kini Yoshimoto dan MCIP Holdings melakukan project bersama yakni sebuah projek Asia  Circuit yang ditujukan untuk penyebaran konten Jepang di Asia. Projek perdana bertajuk 'Asia Circuit Project' ini pun dimulai dengan Kawaii Idol Project, dengan menghasilkan idol group baru yakni Shojo Complex, yang dimana Shojo Complex dibentuk dari audisi di Indonesia. Ya, Indonesia menjadi yang pertama. Idol ini pun terpilih dari 500 pendaftar hinga akhirnya menjadi 13 orang Indonesia yang ke Jepang-Jepangan lucu dan imut. Menurut saya ini kemajuan SDM tetapi juga menjadi tanda tanya bagi kita, berapa banyak lagi anak multitalent yang diambil asing? Dan apakah Anak Indonesia telah pudar semangatnya  untuk mempopulerkan kebudayaannya sendiri?

Dewi Sri, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233