Rabu, 15 Juni 2016

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu kekerasan. Padahal banyak sekali jenis kekerasan itu sendiri, mulai dari kekerasan fisik, batin, ekonomi maupun seksual (sumber: dari booklet Komisi Penanggulangan AIDS). Diri kita sendiri mungkin belum sadar bahwa mungkin saja kita melakukan tindakan kekerasan. Tindakan kekerasan ini meningkat dari waktu ke waktu. Seperti yang dipaparkaan oleh Kak seto dalam acara ramadhan bincang anak yang terselenggara oleh KAMI dan KOMNAS Anak dibawah pimpian kak seto dengan menggandeng Sarinah Persero, 14 Juni 2016 bahwa kekerasan meningkat dari waktu ke waktu dan adapun tindakan kekerasan ini karena adanya kesempatan. 
 
Hal ini menimbulkan berbagai tindakan peduli terhadap kekerasan seperti  Koalisi Anak Madani  Indonesia (KAMI) yang gerakannya adalah untuk menyayangi semua anak. Adanya kekerasan pada anak juga menimbulkan empati dari berbagai pihak, banyak juga karya yang ditujukan sebagai wujud peduli anak menjadi korban kekerasan seperti sebuah film pendek anak jalanan, lagu kau bintang dan lagu cinta ini untuk mama, yang sebagian ditampilkan dalam acara Ramadhan Bincang Anak 1437 H, di Sarinah, pada 14 Juni 2016 lalu.

Tak hanya itu,seperti yang kita ketahui bahwa 21 Juli mendatang akan beredar sebuah film yang ditujukan untuk stop child abuse, yakni Film Untuk Angeline . adapun cerita film ini adalah berdasarkan kisah nyata dari kematian seorang anak yang bernama Angeline.

Berikut Sinopsis Film Untuk Angeline:
Samidah adalah perempuan dari keluarga miskin. Pada saat mengandung usia 8 bulan, ia memutuskan untuk pindah ke Bali ikut suaminya yang bekerja sebagai kuli bangunan di Bali.  Hingga akhirnya, Midah melahirkan seorang anak yang dikandungnya, seorang anak perempuan yang cantik. Namun sayang, Suaminya Santo menjual bayinya kepada Terry dan John. Midah tidak bisa bertemu anaknya yang diberikan nama Angeline sampai Angeline berusia 18 tahun. Namun Naas, sebelum Angeline berusia 18 tahun, setelah John meninggal, Angeline pun tidak diperlakukan seperti anak manusia oleh Terry dan Kevin (anak John). Angeline dikabarkan menghilang. Hingga suatu hari, polisi memerintahkan Midah ke rumah sakit. Saat itu Midah melihat Angeline sudah menjadi mayat yang kaku. Ya, Angeline benar-benar sudah dipeluk oleh malaikat.

 Trailer Film Untuk Angeline
https://www.youtube.com/watch?v=71xNE4m7ufs

Penulis: Dewi Sri Tunjungsari, UIN Syarif Hidayatullah
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233