Selasa, 10 Mei 2016

Para pendaki gunung biasanya mendaki gunung yang sudah tak asing lagi bagi kita di Pulau Jawa seperti Gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Pangrango, Gunung Salak. Namun, apakah sudah pernah mencoba mendaki gunung di sekitar Jabodetabek? Apakah ada gunung di sana? Jawabannya ya, tepatnya di daerah Parung, Bogor.

Mungkin beberapa orang ada yang belum tahu mengenai gunung yang satu ini, namanya Gunung Munara. Gunung Munara terletak di wilayah Kampung Sawah, Rumpin, Bogor. Untuk menuju ke Gunung Munara, kita dapat menggunakan transportasi umum, motor, hingga mobil pribadi. Dengan berbekal tas ransel berisi makan siang dan air minum, kita pun siap menjelajahi gunung tersebut. Kita dapat melakukan pendakian ini bersama keluarga atau dengan para sahabat.
Kenapa harus mencoba mendaki ke Gunung Munara?

  • Lokasi Gunung Munara dekat dari Jakarta, sehingga aksesnya juga mudah dijangkau dan sangat cocok bagi orang yang tidak punya waktu banyak untuk traveling. Kita dapat menjelajahi Gunung Munara cukup dengan satu hari saja. Jadi, untuk karyawan yang libur hanya di weekend, tetap bisa melakukan pendakian.
  • Gunung Munara tidak terlalu tinggi seperti gunung-gunung pada umumnya. Jadi, Gunung Munara sangat cocok untuk para pendaki pemula. Kita dapat mendaki Gunung Munara hingga turun kembali hanya menghabiskan waktu 3 jam.
  • Saat kita mencapai di atas puncak Gunung Munara, pemandangannya sangat indah dan menakjubkan. Terdapat gunung dan bukit-bukit yang berjejer mengelilinginya, di bawah terlihat hamparan sawah yang luas dengan langit biru yang memayunginya. Hal tersebut membuat pikiran dan hati kita menjadi tenang dan damai.
Selain pemandangannya yang indah, kita juga dapat menyusuri nilai-nilai sejarah yang ada di Gunung Munara. Saat dalam perjalanan mendaki, kita akan melewati sebuah goa yang dinamakan Goa Soekarno. Kemudian, di dekat puncak gunung, kita dapat melihat sebuah batu dengan jejak kaki di atasnya, yang dinamakan dengan tapak Kabayan.

Setelah perjuangan mendaki dan mencapai puncak, kita akan menikmati pemandangan pegunungan yang hijau berpadu dengan langit biru sebagai atapnya. Pemandangannya tidak kalah dengan negeri di atas awan (Dieng). Orang-orang tidak akan menyangka bahwa Gunung Munara adalah negeri di atas Parung!  Marina Ika Sari, Diplomasi Pertahanan Cohort 2, Universitas Pertahanan Indonesia.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Menusa Community

Menusa Community

NULIS BABE NEWS

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis
Mengintip Nusantara. Diberdayakan oleh Blogger.

Total Pengunjung

Projek Kami

Sekolah Online Menusa Community

Email Kami

Kirimkan kritik dan saran anda ke mengintip nusantara redaksi di mengintipnusantararedaksi@gmail.com

Tim Menusa

Tim Menusa
Semua isi web ini dikelola oleh tim menusa creative management. Hubungi Menusa Creative Management sebagai media partner anda. 08992458233